Minggu, 20 Mei 2012

Turun Lapangan Kota Padang

Teman, apa kabar? Tanggal 14 sampai 19 Mei 2012 kemarin Tyas berkesempatan pergi ke Kota Padang untuk ambil data penelitian. Alhamdulillah Allah SWT memberikan banyak nikmat dan karunia selama tyas di sana sampai kembali lagi ke Jakarta, Alhamdulillah, segala puji hanya untuk-Mu Ya Rabb.. Nah tyas mau berbagi cerita nih di sini..



Hari 1
Senin, 14 Mei 2012
Pukul 08.20 WIB tiba di Kota Padang.
Langsung menuju sekertarian (calon) Solidaritas Perempuan yang ada di wilayah Gadut, Padang. Wawancara dilakukan dengan Juni Warlif (Alief) yang selama ini banyak melakukan persiapan pembentukan SP di padang dengan 15 teman lainnya. Wawancara dilakukan selama kurang lebih satu jam. Selama wawancara tidak ada kendala teknis. Penyampaian informasi yang diberika Juni Warlif sangat baik, jelas, lengkap, dan terstruktur.

Perjalan dilanjutkan ke daerah Nuansa Indang, Sekertariat LP2M. ketika datang di sana sedang ada rapat mingguan yang memang biasa dilakukan setiap Senin. Sambil menunggu rapat selesai, dilakukan wawncara dengan coordinator ASPPUK yang kebetulan juga staf LP2M. wawancara dilakukan dengan Fatiha selama kurang lebih satu jam. Di tengah wawancara dengan Fatiha, Koordinator ASPPUK, rapat LP2M selesai, akhirnya langsung dilakukan wawancara dengan Fitriyanti, direktur eksekutif LP2M di ruangan yang berbeda. Wawancara pun dilakukan selama 1 jam.

Hari 2
Selasa, 15 Mei 2012
Wawancara dilakukan pertama sekitar pukul 10.00 WIB dengan direktur eksekutif Totalitas, Isnaini. Wawancara dilakukan di restoran karena kantor sekertarian Totalitas sedang direnovasi dan tidak memungkinkan untuk wawancara di sana. Wawancara dilakukan cukup panjang sekitar 1,5 jam membahas berbagai masalah dan isu yang dibahas Totalitas.
Wawancara kedua dilakukan pukul 13.00 WIB dengan Sudartok, pemimpin sementara PUSAKA karena kebetulan organisasi ini baru saja tertimpa masalah yang menyebabkan dipecatnya direktur eksekutif. Wawancara dilakukan sekitar 1 jam, kebetulan dilakukan di kantor Harmonia karena kantor PUSAKA baru saja pindah.
Diluar rencana, wawancara ketiga dilakukan yaitu dengan ketua Harmonia, Wiwi yang ternyata sebelumnya menjabat sebagai direktur eksekutif LP2M. banyak permasalahan yang dijawab, selain mebahas kerja Harmonia yang baru berumur 1 tahun, banyak juga dibahas konflik yang terjadi di LP2M sebelumnya yang menyebabkan Wiwi dikeluarkan. Wawancara dilakukan selama 1,5 jam.

Hari 3
Rabu, 16 Mei 2012
Pada hari ke-3 dilakukan FGD dengan anggota PEKKA Sujunjung. Karena jarak yang sangat jauh, perjalanan dilakukan mulai pukul 06.30 dan baru tiba di lokasi sekitar pukul 10.30 WIB. Diskusi langsung dimulai karena kebetulan ibu-ibu anggota PEKKA sudah berkumpul. Diskusi berlangsung lancar selama 2 jam. Tapi sayangnya ketika diskusi berjalan, sebagian ibu-ibu tidak berani berpendapat dengan alasan malu, pun ketika ada yang bersuara mereka selalu melirik atau melihat kepada coordinator PEKKA Sijunjung. Ketika ada ibu yang berpendapat berbeda, coordinator PEKKA langsung memotong dan meluruskan kejadian sebenarnya. Hal ini menghambat keleluasaan semua anggota FGD untuk bersuara sehingga fasilitator harus banyak memutar pertanyaan untuk mendapatkan informasi.
Pukul 13.00 WIB berangkat dari Sijunjung dan tiba kembali di Kota Padang pukul 17.00 WIB.

Hari 4
Kamis, 17 Mei 2012
Hari ini dilakukan 3 kegiatan, pertama kegiatan wawancara mendalan dengan WCC Nurani Perempuan, tiba di sekertariat WCC pukul 10.00 WIB langsung bertemu oleh ketua pelaksana Yefri dan 3 relawan di sana Mery, Tya, dan Putri. Diskusi berlangsung cukup panjang selama 2 jam. Selain membahas masalah di WCC sempat juga dibahas permasalahan LP2M yang ternyata sudah tersebar hampir di semua LSM Kota Padang. Informasi yang diberikan oleh narasumber cukup baik dan jelas sehingga mudah untuk dimengerti dan cukup terstruktur.
Kegiatan kedua yaitu wawancara dengan Sekertaris Wilayah KPI Sumbar, Tanty Herida yang sengaja kami ajak bertemu di kantor LP2M pukul 12.30. kebetulan KPI baru pindah kantor sehingga sekertarian mereka pun masih belum jelas karena selama ini selalu ikut dengan lembaga lain yaitu Limpape. Banyak informasi yang disampaikan oleh Tanty Herida, wawancara dilakukan selama 1 jam.
Kegiatan terakhir yaitu FGD dengan Ibu-ibu anggota Jarppuk di Kota Padang. Dihadiri oleh 12 peserta. Diskusi dilakukan selama 1,5 jam di kantor LP2M. tidak banyak informasi yang didapat karena peserta sangat pasif dan banyak yang tidak berani berbicara sama sekali. Ketika ditanya 1 hal, maka hanya dijawab oleh 1 atau 2 orang dengan jawaban singkat saja. Fasilitator mencoba bertanya panjang lebar dan sejelas mungkin tetap saja jawaban yang keluar tidak lebih dari 2 kalimat. Diskusi siakhiri sekitar pukul  15.00 WIB.

Hari 5
Jumat, 18 Mei 2012
Di hari terakhir di Kota Padang dilakukan transkrip sebagian data hasil rekaman sela kegiatan 4 hari kemarin. Data yang didapat cukup banyak namun sebagian inti permasalahan organisasi perempuan di padang sudah cukup terlihat. Transkrip kasar sudah selesai dibuat dan akan dirapihkan kembali setelah di Jakarta.

Hari 6
Sabtu, 19 Mei 2012
Pulang ke Jakarta..

selain kerja, ya lumayan jalan-jalan dan nyobain masakan padang juga sih, enak..enak.. nih tyas kasih gambarnya ya,, hehe
ini namanya lontong gulai paku,, enak sih tapi kentel banget santannya







Ini sih makan warung nasi di sana, sama kaya warung padang kalo di sini

Ini tempat olah raga, stadion imam bonjol namanya, bagus ya?

Ini namanya sunset, hehe.. seg-segan sih banyak isu tsunami

Ini Mamanya Ayu, Baiiiik banget, makasih banyak ya tante

Foto bersama di tepi pantai, buat kenang-kenangan, hehe


Tidak ada komentar:

Posting Komentar