Selasa, 08 Mei 2012

Impian Merasakan Pendidikan Tinggi di Belanda


Sebagai Negara kecil, Belanda memiliki komitmen yang sangat baik dalam pengembangan pendidikan, baik untuk bangsanya maupun masyarakat luas yang ingin mendapat pendidikan bermutu di sana. Hal ini dilakukan untuk dapat bertahan dari derasnya arus globalisasi dunia. Belanda adalah Negara non-bahasa inggris pertama yang menggunakan bahasa inggris sebagai pengantar dalam kuliah di kelas internasional yang berisi mahasiswa dari berbagai belahan dunis. Ini menunjukan bahwa Belanda memiliki komitmen dan terbuka untuk meningkatkan pendidikan seluruh masyarakat dunia.
http://firstyanaghsman8sby.files.wordpress.com
Selain itu, kurikulum yang digunakan di Belanda berorientasi pada prakter, walaupun tidak melupakan landasan teori yang baik. Mahasiswa belajar untuk terbiasa menghadapi kehidupan pasca kampus sehingga sejak dudukdi bangku kuliah mereka sudah disodorkan hal-hal yang bersifat praksis sesuai dengan bidang ilmu masing-masing. Terbukti dengan banyaknya lulusan sekolah tinggi Belanda yang mampu menunjukan kinerja sebagai “yang terbaik” dimana pun ia berada dan dari Negara manapun ia berasal.
Saya pribadi sebagai orang Indonesia, bangsa yang pernah terjajah selama tiga setengah abad oleh Belanda merasa tertantang untuk bersekolah dan mendapatkan pendidikan tinggi di sana. Ketertarikan saya berawal dengan banyaknya tokoh dan pejuang bangsa Indonesia yang memilih Belanda sebagai tempat menimba ilmu, bukan Negara lain, salah satunya adalah tokoh kebanggaan saya, Mohammad Hatta. Beliau menempuh pendidikan tingginya di Belanda, awalnya hanya untuk tingkat diploma namun karena kecintaannya akan pendidikan dan mimpi mengeluarkan bangsanya dari keterjajahan. Menariknya, Belanda sendiri pula-lah yang memberikan bantuan dana untuk pendidikan Moh. Hatta, maksud saya, Belanda sebagai Negara penjajah Indonesia, tidak memiliki ketakutan sama sekali bahwa apa yang ia lakukan akan menimbulkan pemberontakan kepada bangsa Belanda (penjajah Indonesia). Yang saya kagumi, hal ini memberikan bukti bahwa Belanda adalah bangsa yang sangat terbuka dan menjunjung tinggi nilai-nilai pendidikan. Bahwa siapa pun  dengan keterbatasan yang ia miliki, tetap memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk memperoleh pendidikan.
Tingginya kualitas pendidikan Belanda membuat banyak orang ingin belajar di sana. Suasana belajar yang baik juga menjadi salah satu daya tarik belajar di Belanda. Dari tulisan yang say abaca, kebanyakan orang Belanda memiliki sifat yang ramah, sekalipun pada bangsa asing. Bagi saya, ini menunjukkan bahwa Bangsa Belanda memiliki akar budaya yang baik. Dengan menghargai orang lain, secara bersamaan mereka sedang mengangkat harkat dan martabat bangsanya satu derajat lebih tinggi dari sebelumnya. Bayangkan jika itu mereka lakukan sejak dulu hingga kini tanpa henti.
Sayangnya kesempatan baik memang tidak selalu bisa dirasakan semua orang, termasuk merasakan pendidikan di Belanda. Saya sendiri hingga saat ini belum pernah menginjakan kaki di Belanda, namun kecintaan saya pada Belanda membuat saya terus dan selalu tertarik membaca segala hal terkait Belanda, khususnya pendidikan dan budaya di sana. Sambil berharap-harap suatu saat nanti memiliki kesempatan berkunjung ke sana.. ^_^
Saya bermimpi, bahwa suatu hari nanti memiliki kesempatan untuk merasakan pendidikan di negeri kincir angin ini. Kecintaan saya pada dunia pendidikan membuat saya berpikir bahwa Belanda adalah tempat terbaik untuk belajar dan memperoleh ilmu. Dengan ilmu yang saya miliki tersebut banyak hal yang bisa saya lakukan untuk mengubah dunia, mulai dari mengajarkan 1 huruf, 1 kata, 1 kalimat, 1 ide, 1 gagasan, hingga 1 pemikiran.
Ketika membuat tulisan ini, saya menemukan 1 video dari youtube tentang beberapa anak Indonesia yang berkesempatan sekolah di Belanda. Iri sekali melihat video ini, mau lihat? Ini viedonya, diundunh tanggal 09 Mei 2012 dari link http://www.youtube.com/watch?v=sqjFw1mNZzs


Videonya bikin iri tapi tetap dijadikan motivasi untuk makin menguatkan impian, kalau suatu hari nanti saya pasti memiliki kesempatan untuk belajar dan merasakan pendidikan tinggi di Belanda, amiin.. J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar