Kamis, 03 April 2014

Fun Trip Hari ke-2 Hongkong - Shenzen

Hari ke-2 Selasa, 11 Maret 2014
Rencana ke Shenzen dg paket tur 700 hkd per orang buat keliling seharian tapi ketemunya di shenzen. Dr apartemen kita berangkat jam 8 pagi.. naik bus 102 atau 106 dg oct card 5 hkd aja dan turun di harbour station ini cuma nyberangin lautnya aja dnn langsung nyambung sama stasiun MTR Hong Sum.
Dari sana naik MTR  deh dari stasiun Hong Sum pake oct card lagi.. enak keretanya nyaman banget.. ini kan stasiun awal jd masih kosong. Bisa dapat duduk. Kita naik sampai stasiun terakhir Lo Wu di Shenzhen biayanya 36 hkd pake oct card, kalau beli tiket asli katanya sih 40-an hkd. Pas sampe stasiun langsung cari pintu exit ikutin orang2 aja pasti sama semuanya mau keluar. Dari sana kita urus imigrasi hongkong karena keluar, di sini kita tunjukin kartu yg didapat dr imigrasi hongkong pas masuk bandara kmrin jd jangan sampe ilang ya.. Abis itu jalan lurus lagi masuk imigrasinya shenzhen urus visa. Biayanya 220 hkd. Kalau di Shenzen mata uangnya pakai yuan atau rinminbi. Tp karena kita pake travel jd visa udah diurusin sekalian.
Karena ikut paket tour di depan pintu imigrasi shenzen udah dijemput sama chi Lian yg katanya lahir di Jakarta cuma pas thn 1965 dia dan ayah ibu dibawa ke china.. pp 10 yg terkait PKI itu deh kalo ga salah..
Abis itu langsung kita jalan stasiun yg agak jauuuh banget soalnya naik turun. hehe.. trus dr sana naik bis travel nomor platnya 9809 dan langsung cuss menuju window of the world. Sepanjang perjalanannya chi lian cerita banyaj ttg shenzen tp aku ga gt dengerin hehe maap ya chi lian.. ga sampe 30 menit kita udah tiba di window of the world.
1. Window of the world
Sampe sini.sekitar jam 11.00 Ini mirip sama Tmii cuma bedanya kalo tmii kan indonesia aja kalau dia sedunia miniatur tamannya. Baru masuk kita udah dikasih pemandangan menara eifel jd kaya di paris.. masuk ke dalam sedikit ada gerbang china.. air terjun niagara.. menara miring pisa.. taj mahal.. borobudur.. dll. Di awal chi lian bilang kalau jalan kaki bisa makan waktu 2 sampai 2,5 jam keliling taman tapi kalau mau cepet kita bs diantar pakai mobil yg keliling gt. Mrk sih nyebutnya train biayanya 20 yuan. Kalau naik bus ini nanti di tempat2 tertentu akan berhenti buat foto2 selama 3 menit. Kalau udah dibunyiin klakson kita kudu naik lagi kalau enggak bakal ditinggal hehe..
Selesai muter2 pake kretanya kita diturunin di deket tempat beli souvenir gt. Lucu deh penjualnya pd jago bahasa indonesia. Tp ga seru juga sih jd kalo bisik2 ama temen mo nawar harga udah ketauan gt ama yg jual haha.. di sini aku beli magnet kulkas 100¥ dpt 12pcs. Paroan sama temen aja jd masing2 dpt 6pcs seharga 50¥ alhamdulillaah.. oiya di sini nemu baju china buat anak2 juga. Akhirnyaaa nemu juga. Aku beli 2 pcs warna pink buat kaka alma dana dedek dissa, harga awalnya 120¥ aku tawar aja jadi 50¥ alhamdulillaah dapet.. soalnya temen juga ada yg beli 2 pcs jd makin banyak makin bs ditawar dia sistemnya.
2. Makan siang
Abis muter2 di woindow on the world kita diajak makan siang di salah satu restoran china sekitar jam 12.30. Krn travelnya tau kita dr indonesia jd katanya disedian makanan yg halal. Alhamdulillaah..
Menu makanannya banyak banget.. kalo ga lupa nih ada sop, telor dadar, ikan rebus enak, tahu goreng, buncis tumis, kerang bihun, bebek goreng, brokoli cumi, tumis kol sawi, banyak banget kan ampe bingung mau makan yg mana dulu. Tapi sayangnya makanan di sini agak hambar. Katanya sih org shenzhen kalo makan ga mau pakai vetsin dan garam jd cuma pakai kecap asin aja. Sehat sih tp yaa konsekuensinya makanan hambar hehehe..
Dia juga sediain minum teh dan air putih hangat ditambah soda.. tp kita ga afa yg doyan soda jd dibalikin aja deh.
3. Museum Giok
Abis makan siang katanya kita mau diajak ke museum giok. Sampe sana sekitar jam 13.30. Ini ga kebayang sebelumnya krn di jdwal travel ga dibilang akan ke sini. Tp ya yaudah dipikir2 sekalian liat2 giok di museum lah ya.. lagian travelnya agak kaku ga boleh berubah jadwal gt katanya udah paket dan dr pemerintah ada ketentuan travel wajib ajak turis ke sini. Yaelah maksa deh pemerintahnya hehe..
Pas sampe agak kaget soalnya sepi banget dan kayaknya cyma rombongan kita yg dtg. Yaudah deh coba aja.. ada guru nya 1 cewe yg ternyata jg bs bhs indonesia.. diajarin cara bedain giok palsu dan asli. Terus diajak liat2 giok dan ternyata mereka mah dagang giok bukannya museum giok. Ditawar2in beli gion yg mahal se-alaihum gambreng.. huwaaa ga mau beliii tapi dipaksa2 gt dr satunya 650¥ sampe akhirnya 1000¥ dpt 4. Haha.. agak aneh. Setelah berlama2 liat2 dan nawar2 akhirnya temen ada yg beli giok cincin dan liontin. Yaudah aman deh bs keluar hehe.. thanks ya yg udah beli..
Abis dr situ blm selese.. kita diajak ke satu meja.. disediain teh.. ada 2 macam teh utk kesehatan.. enak sih tp lagi2 ujungnya dagang hehe.. dia jual tehnya. Kalo mau belo silahkaaan. Harganya ... brp ya aku lupa. Tp kalo beli 4 dpt gratis 1 pokoknya. Temen ada yg beli 1. Alhamdulillaah bs keluar dg aman. Hehe
Abis ini langsung kabuuuurr hehe
4. Museum tanaman herbal
sampe museum herbal sekitar jam 15.00
Ternyata pengalaman dipaksa2 beli belum berakhir di museum giok. Di museum tanaman herbal ga jauh beda. Hehe awalnya sih diajarin tumbuh2an sehat dan apa khasiatnya. Terus abis itu kita dibagi2 jd 2 org dlm keeompok utk dibantu periksa sama shensei dr telapak tangan dan lidah. Aku kebagian sama 1 temen. Masuk ke kamar periksa, temenku dicek duluan dan diagnosanya serem amat.. livernya ada racun jd dia BAB ga lancar dan gemuk terus krn racun jg jd jerawatan. Lbh serem lagi dibilang dia berpotensi mium.. iiih horor. Malahan dibawa2 nanti punya anak kualitas otak anak ga bagus krn banyak racun di badan. Ujung2nya suruh beli obat herbal 300¥ utk sebulan. Maksa bangeeeett.. aku alihkan aja perhatian mrk dg coba suruh periksa tangan aku. Dibilangnya aku sih lbh sehat dr temenku td (aneh bgt pdhal aku ga pernah olahraga kaya temen tadi) cuma aku dibilang darahnya agak kental dan jd ga lancar. Shensei nya bilang bahu aku suka sakit dan pusing krn itu, ini bener sih hehe.. dia ga nawarin obat semahal temenku tadi sih cm saran minum herbal jaga kesehatan aja. Harganya 100¥ aku beli aja deh sekalian buat oleh2 tp.akutawar jd 200¥ beli barengan sama temen hehe..
Abis dr sana rasanya legaaaa bisa kabur. Huff..
Harusnya travel di shenzen itu terbuka akan kemana aja dr awal. Buat org2 yg emang nyari giok dan butuh herbal pasti akan seneng kalo tau ada agenda ini. Tp kalo yg enggak akan jd sangat menyiksa apalagi pake dipaksa2 kan jd ga bagus penilaian orang.
5. Pertunjukan seni China
Abis dr 2 museum aneh banget td akhirnya kita bs nafas lega dg dtg ke pertunjukan seni china, sampe sana sekitar jam 5 sore. Lupa banget namanya apa. Dr pintu masuk bagus banget banyak bunga2 cantik pink, merah, cantik banget buat foto2 pokoknya. Dr sana langsung masuk ke ruang pertunjukkannya yg kaya bioskop gt lah.. gelap. Pertunjukkannya mulai.. bertanya2 bakal kaya apa yaaa..
Awal2 amaze tp lama2 bosen abisan kaya ga ada alurnya trus sedikit2 ganti org.. ganti kostum dan ga ngerti mksdnya apaan. Kaya cuma pameran baju hehe.. blm sampe 1 jam udah bosen. Kita keluar aja deh hehe.. mana ruangannya dingin pake ac. Ga pake ac aja udah dingin bet.
Sebenrnya pertunjukannya ada 2 tp krn td 1 aja udah bosen yaudahlah ya yg kedua ga jauh beda.
6. Makan malam
Makan malam masih di area pertunjukan seni china yg tadi rasanya better lah dr pd makan siang. Pas abis makan.. masih duduk di meja makan ternyata ada tukang foto ygtd moto2in di window of the world.. ternyata dia ngeprint-in semua foto kita masing2 ada yg di bingkai.. ada yg di piring.. bagus banget sih tp mahal banget satu orang 180¥ atau sekitaran Rp.360.000,- dan lagian dia ga sesuai perjanjian kan janjinya cuma foto yg rame2 aja. Ini malah dicetak masih2 dan mahal pula dan ga adayg beli pula kan jd mubazir.. T_T
7. Lo wu mall
Abis makan malam diantar ke tujuan terakhir yg merupakan tujuan utama kita yaitu Lowu mall dan ternyata itu mall teh ada di deket stasiun kereta yg pagi *yaelaaahh.. yaudah jadinya ke sana dr jam8an sampe jam stgah 10an. Satu setengah jam jadi kaya quiz uang kaget hehe.. buru2 banget.. aku pertama beli titipan mas agus ama om budi.. kemeja.. cari2 dan nawar2 hehe.. nemu juga kemeja setelah ditawar2 dari 280 satu potong jd 130 dapet 2 potong haha.. sadis ya.. maap ya abis katanya blog orang2 emang kudu nawar dan ternyata emang parah bet nawarinnya.. pengalaman kedua beli jam tangan.. ditawarinnya 320¥ dan ujung2nya jadi 50¥ aja.. beli deh 4 biji.. temen beli 3.. satu lagi beli 2.. hehe.. temen juga sempet beli baju buat anak dan keponakannya bagus2 cm emang jualannya gt sih kaya tanah abnag berantakan.. terus lagi penjualnya tuh aneh2 kalo ditawar pasang ezpresi marah2 galak gituu tapi dipanggil lagi.. heee ternyata expresi tipuan biar kita ga tega dan jd beli hehe. Tp ya kalo mau belanja di china mah harus liat barangnya kalo emang suka baru nawar. Kalo ga sreg jangan iseng2 nanya krn kalo udah dikasih harga sesuaiyg ditawarin danga jd bisa dimarahin sama penjualnya. Ga marah aja galak hehe..
Habis dari Lowu mall kita diantar sama chi Lian ke imigrasi shenzen.. dr sana kita berpisah dadaah chi lian sampe ketemu lagi yaa..
Dari sana kita urus imigrasi shenzen dan imigrasi hong kong trus masuk ke stasiun.. pake kartu sakti octopus card dan cuss nunggu kereta yg ke arah Hong sum station.. dr sana nunggu bus lagi yg 102 sampe next station yg victoria park.. turun dr shelter tinggal jalan kaki aja.. dan sampe apartemen udah tepaar hehehe..