Senin, 27 Oktober 2014

Doa dan Nasihat Singkat Penuh Manfaat

Shahabat Ali bin Abi Thalib r.a. berkata:

قال على بن أبى طالب أطلب الشئ من الله فإن أعطانى إياه فرحت مرة واحدة وإن لم يعطنى إياه فرحت عشر مرات فالأولى اختيارى والثانية اختيارالله

"Saya minta sesuatu pd Allah. Jika Allah memberinya padaku, saya gembira sekali saja. Namun, jika Allah tidak memberinya pdku, saya gembira sepuluh kali lipat. Sebab, yg pertama itu pilihanku, sedangkan yg kedua itu pilihan Allah."

Allah swt berfirman :

"....Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak mengetahui." (Al Baqarah: 216)

Bersemangat mencari kebaikan di manapun dan kapanpun. Kuatkan iman kita pd keputusan dan takdir Allah SWT...

[22/09 08:40] Tyas: Dzikir sesudah sholat Dhuha

Allohummaghfirlii warhamnii watub'alayyaa
Innaka antattawwaaburrohiimulghofuur

Ya Alloh.. ampunilah aku dan rahmatilah aku dan terimalah taubatku.
Sesungguhnya hanya Engkaulah Dzat Penerima Taubat, Maha Penyayang, Maha Pengampun.

HR. Al Hakim dari Aisyah RA berkata:
"Rasulullaah SAW membaca doa ini hingga 100x."

[22/09 15:37] Tyas: HR. Abu Daud dan Ibnu Hibban:
Allohumma ajirnii minannaar.
Artinya: Ya Alloh selamatkan aku dari neraka.

Dibaca 7x sesudah sholat, khususnya sholat subuh dan maghrib, keutamaannya yaitu jika meninggal di saat pagi, sore, ataupun malam maka Alloh tetapkan padanya selamat dari neraka.
[24/09 03:12] Tyas: LaailaaHa illaallaah wahdaHu laa syariikalaH.
LaHulmulku walaHulhamdu yuhyii wa yumiit.
Wa Huwa 'alaa kulli syai in qodiir.

Tiada tuhan selain Alloh yang Maha Esa, tidak ada sekutu bagi-Nya. Bagi-Nya kerajaan dan bagi-Nya segala puji, Dia yang menghidupkan dan Dia yang mematikan. Dan Dia Maha Berkuasa atas segala sesuatu.

Dzikir ini dibaca 10x khusus setelah sholat Shubuh dan sholat Maghrib; diantara keutamaannya adalah diutus padanya penjaga-penjaga yang memelihara dari gangguan setan dan diberi pahala sama dengan memerdekakan 10 budak, dll.

HR. Bukhori dan Muslim

*penulisan "H" dengan "h" utk membedakan "H besar" (Ha, Lam alif, hamzah, ya) dengan "h kecil" (jim, ha, kho)

[09/09 12:37] Tyas: Maukah aku tunjukkan kepada kalian atas sesuatu yg lebih baik dari pada apa yg kalian minta? Yaitu apabila kalian hendak tidur atau naik ke ranjang maka ucapkanlah SUBHANALLAH sebanyak 33x, ucapkanlah ALHAMDULILLAAH 33x, dan ucapkanlah ALLOHU AKBAR 34x, maka yg demikian itu lebih baik bagi kalian daripada seorang pelayan (budak). (HR. Bukhari dan Muslim)

[09/09 12:48] Tyas: Imam Nawawi berkata: "Semua ini termasuk kepatutan dan kelakuan yang dipraktikkan manusia, yaitu bahwa wanita melayani suaminya dengan hal-hal yang disebutkan itu dan sebagainya. Membuat roti, memasak, mencuci pakaian, dan lain-lainnya. Semua itu merupakan sumbangan dan kebaikan wanita kepada suaminya, pergaulan yg bagus, perbuatan yg makruf, yg tidak wajib sama sekali atasnya, bahkan seandainyabia tidak mau melaksanakannya maka ia tidak berdosa." (Shahih Muslim Syarh an-Nawawi, juz 14 hlm. 164 dalam Kebebasan Wanita Jilid 5, Abdul Halim Abu Syuqqah hlm. 192)

[09/09 12:54] Tyas: Al-Aswad bertanya kepada Aisyah, "Apakah yang dikerjakan Rasulullab saw di rumah?" Dia menjawab, "beliau adalah seorang manusia biasa, membersihkan pakaiannya, memerah susu kambingnya, dan melayani dirinya." Dan dalam riwayat lain: "beliau biasa menjahit pakaiannya, menjahit sandalnya, dan mengerjakan apa yang biasa dikerjakan kaum laki-laki di rumah." (HR. Bukhari)

[09/09 15:21] Tyas: Rasulullah berpesan kepada salah seorang sahabat wanita agar lemah lembut terhadap suaminya.
"Sebaik-baik kaum wanita dianara kamu adalah orang yg peranak (banyak anak), pengasih, penyayang, dan penurut, jika mereka bertakwa kepada Alloh."(HR. Al-Baihaqi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar