Kamis, 21 Juni 2012

Peran Negara dalam Ekonomi Pasar Sosial


Panduan Praktis Ekonomi Pasar Sosial (Sebastian Sperling) Bag. 2
Resume oleh Rahayuningtyas


Semua orang berhak dan membutuhkan pekerjaan untuk dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Apakah Negara bisa memenuhinya? Negara dapat membantu rakyat untuk mendapatkan pekerjaan. Negara tidak melulu harus menyediakan sebanyak-banyaknya lapangan kerja untuk seluruh rakyat. Negara dapat memfasilitasi rakyatnya untuk memiliki keahlian tertentu sehingga sumber dayanya dapat tersalurkan dan memiliki nilai produktif sesuai kebutuhan pasar. Pemerintah juga dapat membantu rakyat mendapatkan pekerjaan dengan membentuk suatu badan pemerintah dengan catatan Negara harus menjamin peluang pekerjaan harus selalu ada. Hal tersebut berarti: Pastikan bahwa ekonomi berjalan dengan baik.
Bagaimana Negara dapat menjamin stabilitas ekonomi? Seorang ahli ekonomi John Maynard Keynes mengusulkan kebijakan perputaran perdagangan yaitu Negara menabung disaat ekonomi kuat dan mengeluarkan uang disaat krisis. Selain itu Negara juga harus mendukung dan menjaga persaingan yang sehat. Negara juga harus mengintervensi pasar dalam masalah lingkungan atau perlindungan konsumen, salah satunya melindungi konsumen dari ‘informasi asimetris’. Jika hal tersebut dapat dijalankan dengan baik stabilitas ekonomi akan terjaga dan ketersediaan lapangan kerja dapat dijamin oleh Negara.

Lalu, bagaimana cara Negara melindungi rakyat yang sudah menjadi pekerja? Banyak Negara memberlakukan peraturan terhadap pasar tenaga kerja seperti bagaimana mempekerjakan dan memecat (perlindungan pemutusan hubungan kerja) dan dalam hal kondisi kerja. Mereka memiliki peraturan yang menjamin waktu kerja maksimal, standar keselamatanm cuti hamil, kesetaraan gender, dan lain-lain. Namun demikian, Negara sebenarnya tidak perlu memutuskan semua urusan yang berhubungan dengan perburuhan sendirian. Contohnya di Jerman, Negara yang menyusun landasan hukum yang harus dipatuhi oelh para pekerja dan majikan dalam bentuk kesepakatan kerja. Dalam tingkat industry serikat pekerja yang mewakili seluruh pekerja dalam suatu bidang industry (persatuan perserikatan) dan asosiasi industry memutuskan hal-hal seperti waktu kerja, hari libur, dan upah kolektif yang mengikat seluruh perusahaan yang bergerak di bidang itu.
Lantas, apa itu barang public? Kebanyakan barang dibuat dalamkeadaan paling baik (paling efisien) dalamlingkup pasar. Namun ada juga beberapa barang dan jasa penting yang tidak mau diproduksi oleh pasar karena dianggap tidak memberikan keuntungan karena hamper tidak mungkin meminta pengguna membayar atas barang dan jasa tersebut atau mengecualikan pengguna yang tidak membayar. Namun demikian beberapa barang dan jasa ini sangatlah penting untuk ekonomi nasional, misalnya jalan, pemungut sampah, dan hak property yang dipaksakan atau keamanan nasional. Seringkali Negara menjadikan pajak dari rakyat sebagai satu-satunya cara untuk memastikan ketersediaan barang dan jasa untuk seluruh masyarakat. Ada beberapa sector yang teramat penting dan mudah-mudahan tidak akan pernah diprivatisasi oleh Negara manapun, diantaranya kesehatan dan pendidikan. Atau Anda akan membiarkan adanya supermarket pendidikan dengan potongan harga pelajaran matematika dan geografi terjadi di Negara Anda? Atau Anda akan sepakat dengan adanya lelang atau lotre untuk terapi kanker? Jika itu yang terjadi mungkin Anda akan berurusan dengan PBB karena pendidikan dan kesehatan merupakan hak asasi manusia yang paling mendasar. Negara menyediakan perlindungan social terhadap risiko yang membahayakan atau melanggar hak dasar warga Negara san member dampak buruk pada kemungkinan hidup mereka. Negara menyediakan suatu jarring pengaman social dan menjamin warga Negara dari risiko. Ketersediaan ini memang membutuhkan biaya yang bisa diambil pemerintah dari pajak. Negara mengumpulkan pajak dan kontribusi asuransi social. Semakin kaya Anda, semakin banyak Anda harus membayar pajak dan kontribusi social.
Apakah Anda masih ingin menjadi presiden? Atau Anda menjadi berpikir ulang karena tugas-tugas yang harus dilakukan? Sebaiknya jangan berpikir segala hal harus dikelola dan diberikan oleh Anda. Suatu ekonomi pasar social, dalam cakupan luasnya, dijalankan oleh pelaku pasar (majikan, pekerja, dan konsumen) dan pelaku masyarakat sipil (serikat pekerja, asosiasi bisnis, kelompok perlindungan konsumen dan lain sebagainya). Dalam kenyataannya setiap warga Negara memiliki kewajiban: suatu Negara kesejahteraan social hanya dapat berfungsi apabila warga negaranya mengambil tanggung jawab terhadap kehidupan mereka masing-masing dan meminta bantuan kepada masyarakat hanya jika usaha individu untuk mendapatkan penghidupan tidak berhasil. Negara harus menentukan kerangka dan mempertahankan keseluruhan kerangka tersebut. Namun sebagai aturan dasar, ingatlah apa yang diutarakan Karl Schiller: Sebanyak-banyak system pasar bilamana memungkinkan, sebanyak-banyak peran Negara bilamana dibutuhkan”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar