Rabu, 07 November 2012

Promosi Kesehatan PHBS

Sabtu, 05 Mei 2012
Kegiatan promosi kesehatan dilakukan secara rutin minimal satu kali setiap bulan. Tema yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat yang diketahui melalui survey. Sebagian besar masyarakat mengeluhkan masalah kesehatan khususnya penyakit menular, penyakit degenerative, gizi, Keluarga Berencana, dan masalah kesehatan anak. Kami menjawab kebutuhan masyarakat sehingga diharapkan pengetahuan, sikap, dan perilaku masyarakat menjadi lebih baik.

Rahayuningtyas, pemateri promosi kesehatan PHBS

Poster/Banner Kegiatan Promkes untuk Menarik Perhatian Warga

Bagan/Lambang 10 PHBS
Persiapan promosi kesehatan dimulai dengan mencari referensi materi sesuai dengan tema yang akan disampaikan. Di saat yang bersamaan kami mencari tenaga kesehatan yang menguasai materi promosi kesehatan untuk menyampaikan teori, konsep, dan praktek di masyarakat tentang penerapan tema kesehatan yang dipilih. Selanjutnya dilakukan persiapan akhir yaitu pembuatan poster presentasi dan power point sesuai materi yang sudah didapatkan. Tidak lupa dibuat pre dan post test untuk menilai perubahan tingkat pengetahuan kesehatan masyarakat setelah promosi kesehatan dilakukan.

warga amtusias mendengarkan penjelasan
Kendala selama melaksanakan promosi kesehatan hamper tidak ada karena kerjasama yang baik sudah terbangun antara tim pengabdi masyarakat UI dengan masyarakat setempat. Satu jam sebelum acara dimulai biasanya dilakukan persiapan secara bersama-sama seperti membersihkan tempat memasang LCD hingga distribusi soal pre dan post test. Warga sangat antusias mengikuti acara ini bahkan sampai ikut membersihkan lokasi setelah promosi kesehatan selesai. Sedikit kekurangan yang ada terkait lokasi promosi kesehatan yang berada di pinggir jalan Kukusan. Lokasi ini memang memudahkan masyarakat untuk datang karena strategis dan mudah dilihat namun sayangnya banyak kendaraan roda dua yang lalu lalang di depan lokasi promosi kesehatan yang suaranya mengganggu proses promosi kesehatan.
Hingga saat ini sudah dilakukan tiga kali promosi kesehatan dengan tema berbeda. Berikut penjelasan untuk masing-masing tema promosi kesehatan.


Suasana diskusi yang santai membuat warga tidak sungkan untuk berbagi pengalaman dan bertanya


Tidak ada komentar:

Posting Komentar