Rabu, 07 November 2012

Penyakit Berbasis Lingkungan (PBL)


Sabtu, 12 Mei 2012
dr. Laili KHoiriyah, dokter dan peneliti RSCM

Kegiatan promosi kesehatan kedua dilakukan pada tanggal 12 Mei 2012 pkl. 13.00 WIB dan kembali dihadiri oleh 21 peserta. Tema kedua yang dipilih adalah penyakit berbasis lingkungan. Tema ini dipilih mengingat kebanyakan angka kesakitan masyarakat adalah penyakit berbasis lingkungan. Pembicara yang menyampaikan materi adalah dr. Laili Khoiriyah, beliau adalah dokter peneliti RSCM yang juga aktif memberikan penyuluhan kesehatan.
Warga antusias mengikuti kegiatan diskusi

Materi yang disampaikan dr. Laili dikhususkan pada pembahasan 3 penyakit yaitu diare, demam berdarah (sekaligus malaria) dan kecacingan. Penyampaian materi dilakukan dengan lengkap mulai dari penyebab penyakit, gejala dan tanda-tanda penyakit, pengobatan penyakit, dan pencegahan penyakit.
Masyarakat aktif bertanya karena kebetulan penyakit ini sering mewabah di musim-musim tertentu. Beberapa warga juga menanyakan penyakit degenerative seperti asam urat dan diabetes yang dijawab dengan baik oleh dr. Laili Khoiriyah. Seorang ibu hamil juga menanyakan tentang menjaga kesehatan selama kehamilan, pertanyaan ini juga dapat dijawab dengan baik oleh pembicara. Ketertarikan masyarakat dalam tema diskusi ini menyebabkan kegiatan berjalan melebihi waktu. Namun karena semua memiliki waktu luang kegiatan dilanjutkan sampai semua pertanyaan warga selesai dijawab. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar