Minggu, 11 November 2012

Peningkatan Pengetahuan Kesehatan Masyarakat


Dari empat tema promosi kesehatan yang diangkat secara signifikan hasil post test terbukti lebih baik dibandingkan hasil pre test. Hasilnya dapat dilihat pada grafik di bawah ini.


Grafik 1. Peningkatan Pre dan Post Test Grafik 2.  Pengetahuan Kesehatan Masyarakat

Berdasarkan grafik 1 diketahui dari empat materi promosi kesehatan yang diberikan, diketahui bahwa nilai rata-rata post-test mengalami kenaikan dibandingkan nilai rata-rata pre-test. Hal ini menunjukan bahwa pengetahuan kesehatan masyarakat jika dinilai secara langsung meningkat setelah diberikan promosi kesehatan. Grafik 2 menunjukan bahwa pada setiap kegiatan promosi kesehatan terjadi peningkatan nilai. Hal ini menunjukan bahwa pengetahuan kesehatan masyarakat juga bertambah. Peningkatan terbesar terjadi pada materi Gizi Seimbang dimana peningkatan nilai rata-rata sebesar 66,6%. Peningkatan tertinggi kedua ada pada materi Imunisasi dimana pengetahuan meningkat sebesar 45,59%. Pada materi PHBS dan PBL terjadi pula peningkatan, walaupun hanya sebesar 9,92% dan 10,08% namun tetap saja menunjukan adanya peningkatan pengetahuan kesehatan masyarakat.
Dari 36 rumah tangga yang dijadikan responden dalam pengabdian masyarakat ini terjadi beberapa peningkatan perilaku hidup sehat. Peningkatan perilaku secara umum digambarkan pada table di bawah ini:

Perilaku
Sebelum intervensi
Setelah Intervensi
n
%
n
%
Merokok
22
64
18
50
Merokok di dalam rumah
23
65
17
47
Kebiasaan makan sayur dan buah
13
36
19
52
Mencuci tangan dengan sabun
24
69
32
88
Berolah raga rutin
18
50
25
70




Tidak ada komentar:

Posting Komentar