Rabu, 01 Agustus 2012

Manfaat Qur'an bagi Hidup Manusia

"maka aku katakan kepada mereka: 'Mohonlah ampun kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun-, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan membanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula di dalamnya) untukmu sungai-sungai. Mengapa kamu tidak percaya akan kebesaran Allah? Padahal Dia sesungguhnya telah menciptakan kamu dalam beberapa tingkatan kejadian".
(QS. Nuh ayat 10 - 14)

Membaca ayat di atas mengingatkan saya pada sebuah Kajian Ramadhan yang saya hadiri pekan lalu dengan tema mengisi Ramadhan dengan quran. Di tengah penjelasan yang disampaikan, Uztadz menyampaikan bahwa alquran memiliki dua peran dalam hidup manusia. Pertama sebagai cahaya, kehidupan manusia merupakan ujian, ibarat berjalan dalam sebuah kegelapan yang kelam. berjalan ke kanan kita terpeleset, berjalan ke kiri kita terjatuh, berjalan ke depan mungkin saja jurang. tidak tahu jalan mana yang harus ditempuh untuk berjalan. Maka dari itu Allah ciptakan quran untuk menjadi cahaya, menunjukan jalan kepada manusia agar tidak jatuh, terpeleseset, apalagi tersungkur ke tampat yang salah.
Bayangkan apa jadinya kalau kita hidup tanpa quran, hidup jadi gelap, banyak sandungan, aral melintang, duri yang tajam dan kita ga bisa lihat.

"Mereka menanyakan kepadamu tentang (pembagian) harta rampasan perang. Katakanlah: "Harta rampasan perang kepunyaan Allah dan Rasul, oleh sebab itu bertakwalah kepada Allah dan perbaikilah perhubungan di antara sesamamu; dan taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya jika kamu adalah orang-orang yang beriman".  Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka, dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakkal. (yaitu) orang-orang yang mendirikan shalat dan yang menafkahkan sebagian dari rezeki yang Kami berikan kepada mereka.
(QS. Al-anfal ayat 1 - 3)

Manfaat quran yang kedua ialah sebagai ruh bagi manusia, yang tanpanya semua makhluk menjadi mati. Tanpa quran yang tersisa hanya jasad saja karena tidak mempunya ruh (semangat) hidup. Adapun tanda-tanda orang yang memiliki ruh karena membaca quran dapat dibaca pada potongan ayat di atas, QS. Al-anfal ayat 1 - 3. Semoga kita termasuk ke dalam kelompok orang-orang yang selalu membaca quran dan menjadikannya sebagai pegangan hidup kita, amiin.
Wallahualam, semoga bermanfaat. yang salah dari tyas dan yang benar datangnya dari Allah SWT.. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar